Radio Komunikasi 2 Meteran


Mekipun teknologi sekarang makin hari semakin canggih, terutama dalam hal berkomunikasi, dengan munculnya atau beroperasinya Handphone atau HP Kota Ketapang, para Penggemar Radio 2 Meteran atau biasa disebut Breaker, satu persatu mulai menghilang dan mulai meninggalkan perangkat komunikasi tersebut dan beralih ke Hanphone.

Ceparudin atau biasa dipanggil Bang Cecep seorang penggemar radio 2 meteran dan juga meruapakan salah seorang anggota RAPI (Radio Antar Penduduk Indonesia) masih tetap eksis berkomunikasi dengan rekan-rekan breaker lokalan maupun rekan antar lokal daerah Kalimantan Barat maupun Daerah di seluruh Indonesia melalui link atau server RAPI (Radio Antar Penduduk Indonesia) dengan menggunakan perangkat radio komunikasi 2 meteran ini.

Sekarang di rumah kediaman Bang Cecep sudah ada sebuah Perangkat Repeater atau  RPU (Radio Pancar Ulang) yang diberi nama RPU Putri Junjung Buih, dimana Nama Putri Junjung Buih diambil dari sebuah Legenda asal daerah Kabupaten Ketapang, bang cecep berharap dengan adanya Repeater atau RPU ini para breaker-breaker Ketapang yang dulunya terkenal dimasa-masa berjayanya Radio 2 Meteran di Kota Ketapang muncul kembali dan meramai frekuensi lokal atau frekuensi umum di jalur 14.395.

Alhamdulillah dengan adanya Repeater atau RPU ini untuk Wilayah Kabupaten Ketapang masih ada breaker-breaker lama yang berkomunikasi seperti Tedong, Wak Charli, Anchai, Lek gembong, Bang Cecep, Kombet, Bocah, Sera, Ninda dan masih banyak lagi teman lainya yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu.

Saya juga seorang penggemar Radio Komunikasi 2 Meteran ini, meskipun disebut kawan-kawan dengan panggilan HOMO (Hobby Monitor), tak apalah karena sekarang saya suka  MENDENGARKAN daripada BERBICARA, dan juga sebagai calon anggota RAPI. Di setiap ada kesempatan saya selalu memonitor rekan-rekan lokalan yang berkomunikasi dengan sesama rekan se lokalan.

Kedepannya Bang Cecep berharap, dengan adanya fasilitas Repeater atau RPU Putri Junjung Buih ini, para breaker dapat kembali muncul dan meramaikan kembali frekuensi lokal atau jalur umum di 14.395, dan memanfaatkan fasilitias ini untuk berkomunikasi, karena dengan adanya RPU ini bagi rekan-rekan yang memiliki HT dapat menerima dan berkomunikasi dengan rekan sesama lokalan tanpa menggunakan antena tambahan atau antena luar.

Mau donasi lewat mana?

Traktir Kopi
Bank BCA - An. Asep Saepul Anwar/ Rek - 648xxxx
Traktir creator minum kopi dengan cara memberi sedikit donasi. klik icon panah di atas

2 comments

  1. Om2 adakah yang bisa mengirimi saya buku manual Pesawat Radio HT Weierwei Vev V8 Plus VHF, saya baru beli second tidak ada buku petunjuknya sehingga agak kesulitan dalam pemakaiannya, kirimkan ke alamat email saya ya kalau bisa di : pembangunana222@yahoo.com
    Terima kasih Om2 atas perhatiannya.
    1. Ada kok mas sugeng riyadi, coba mas check di https://fccid.io/YC2VEV-V8/User-Manual/Users-Manual-1312151, menurut saya disitu cukup jelas cara mensetting VEV-V8

Copyright ©DigiCombat - All rights reserved.

Redesign by bloggun.xyz
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
More Details